Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Mengkudu Kandungan Daun Mengkudu

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Mengkudu

Hallo, berjumpa kembali, artikel ini akan membawakan mengenai kandungan daun mengkudu Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Mengkudu simak selengkapnya

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Mengkudu – Orang jawa menyebutnya pace atau mengkudu, tanaman ini tumbuh di daerah tropis seperti Indonesia.

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Mengkudu
Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Mengkudu

Mengkudu terkenal sebagai tanaman obat karena kandungan yang terdapat pada semua bagian dari mengkudu tersebut. Tanaman ini juga dijadikan sebagai bahan utama dalam pembuatan obat tertentu oleh ahli farmasi.

Masyarakat awam menyebut bahwa mengkudu sebagai obat alami/herbal yang tidak  memiliki efek samping jika dikonsumsi dalam jumlah yang sesuai.

Mengkudu banyak dijumpai di tanah kering, tandus dengan ketinggian 1.500 m, tinggi tanaman mengkudu sekitar 3-8 meter dan mampu bertahan hidup sepanjang tahun.

Klasifikasi Tanaman Mengkudu

Kingdom : Plantae
Divisi : Magnoliophyta
Kelas : Magnoliopsida
Ordo : Rubiales
Famili : Rubiaceae
Genus : Morinda
Spesies : Morinda citrifolia

Morfologi Tanaman Mengkudu

1. Akar

Sistem perakaran mengkudu termasuk pada akar tunggang karena memiliki akar utama yang tulus dan kokoh serta akar serabut, warna coklat tua.

Bukan hanya buah mengkudu saja yang memiliki manfaat tetapi akarnya dapat mengobati kelemahan dan rasa sakit pinggang, lutut, sensasi hambar dibelakang, batuk kronis, dan masih banyak lainnya.

Senyawa aktif dalam akar mengkudu adalah xerononine, alizarin, sterois, caprylic, arginine, lycine sosium, antra quinines, proxeronine, magnesium, phenylalanine, dan trace elemens. Kandungan senyawa aktif ini yang dapat mengobati berbagai penyakit yang disebutkan diatas.

Untuk pengobatan menggunakan akar mengkudu terutama keringkan akar sampai benar – benar kering, takaran/dosis sekitar 9-15 gram, standar 10 gram, kemudian direbus dengan air selama 20 menit.

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Mengkudu

2. Batang

Ciri batang mengkudu adalah berkayu, arah tumbuh batangnya tegak lurus, bentuk batang bulat, memiliki cabang pada batangnya termasuk kedalam jenis monopodial, tekstur permukaan batang mengkudu mudah melupas dan warna batang coklat keabu-abuan. Batang mengkudu bisa dimanfaatkan sebagai bahan kayu bakar untuk memasak.

3. Daun

Posisi pada tanaman daun mengkudu ini berhadapan bersilang, melekat pada batang, jenis daun mengkudu ini termasuk kedalam daun tunggal, detail daun berbentuk bangun jorong, tepi daunnya rata dengan pangkal, ujung daun runcing, permukaan daun licin mengkilat, pertulangan daun menyirip, peruratan daun yaitu tulang daun mencapai tepi daun, tekstur keras, dan warna hijau tua.

Manfaat daun mengkudu sebagai berikut:

Melawan kanker, zat antioksidan dalam daun mengkudu dapat membunuh virus penyebab kanker serta meningkatkan sistem imun dalam tubuh agar terhindar dari berbagai virus penyakit.

Zat antioksidan ini dapat memperlambat penuaan dini yang memberikan nutrisi pada jaringan sel-sel kulit, melawan radikal bebas.

Mengatasi peradangan, zat anti inflamasi dapat membasmi bakteri, virus penyebab peradangan sehingga lebih mudah disembuhkan.

4. Bunga

Jenis bunga mengkudu yaitu bunga bonggol dengan jumlah tak terbatas, memiliki warna putih bersih terdiri dari 5-6 kelopak bunga, serta satu lingkaran mahkota.

Pada masyarakat jawa bunga mengkudu (pace) ini sering dijadikan sebagai masakan seperti, tumisan, tambahan urab. Meskipun rasanya pahit namun tetap digemari.

5. Buah

Buah mengkudu termasuk jenis buah majemuk, terbentuk dari bakal-bakal buah yang menyatu serta bongkol di bagian dalamnya, berdiameter 7,5-10 cm, permukaan buah berbintik-bintik dan berkutil.

Warna hijau buah mengkudu masih mentah, ketika sudah mulai masak warna berubah menjadi putih kekuningan, untuk sudah benar masak buah mengkudu berwarna putih pucat, daging buah lunak, memiliki aroma seperti keju busuk

Umumnya masyarakat mengenal khasiat tanaman mengkudu dari buah, tidak salah memang buah mengkudu memiliki manfaat bagi kesehatan sebagai berikut;

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Mengkudu

Dapat meningkatkan stamina, buah mengkudu bisa disajikan dalam bentuk jus, minum jus buah mengkudu setelah beraktivitas dapat memulikan stamina kembali.

Menurunkan tekanan darah tinggi dengan meminum empat ons jus mengkudu setiap hari selama sebulan bisa membantu mengurangi tekanan darah tinggi.

Meredahkan osteoarthritis dengan meminum tiga ons jus mengkudu setiap hari selama 1,5 bulan bisa membantu meredahkan rasa sakit pada pasien osteoarthritis.

Menghindari dari kerusakan otak, kandungan zat antioksidan dan anti inflamasi bisa mengurangi, melindungi dari kerusakan otak yang bisa menimbulkan penyakit stroke berdasarkan penelitian yang dilakukan di jepang. Caranya dengan meminum jus mengkudu dalam dosis yang sesuai.

6. Biji

Bentuk biji mengkudu yaitu bulat  pipi, berwarna kecoklatan, biji dalam buah termasuk golongan majemuk karena hampir semua isi dari buah mengkudu adalah biji.

Manfaat yang didapatkan sama seperti mengkonsumsi buah mengkudu, biji yang melekat pada daging mengkudu membuat sulit untuk memisahkan biji dengan daging buah tersebut.

Setelah menguraikan semua tentang tanaman mengkudu ini ternyata kaya akan senyawa-senyawa aktif baik untuk kesehatan. Ditekankan dosis dalam mengkonsumsi tanaman mengkudu baik; buah, daun dll harus perhatikan, karena jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak mengkudu ini memberikan efek samping berbahaya bagi kesehatan.

Dan sebelum mengkonsumsi obat herbal ini, alangkah baiknya konsultasikan dengan dokter karena tidak semua orang bisa mengkonsumsi mengkudu contoh bagi ibu hamil harus benar-benar konsultasi kepada dokter untuk memastikan boleh tidaknya, jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak diharapkan. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Sekian detil tentang Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Mengkudu semoga info ini bermanfaat salam

Artikel ini diposting pada kategori kandungan daun mengkudu, kandungan daun mengkudu untuk ayam, kandungan protein daun mengkudu,

Posting Komentar untuk "Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Mengkudu Kandungan Daun Mengkudu"