Buah Mengkudu (Morinda Citrifolia) Jenis Dan Manfaat Untuk Kesehatan Khasiat Mengkudu Muda

Buah Mengkudu (Morinda citrifolia) Jenis dan manfaat Untuk Kesehatan

Hohoho, berjumpa kembali, pada kali ini akan membawakan mengenai khasiat mengkudu muda Buah Mengkudu (Morinda citrifolia) Jenis dan manfaat Untuk Kesehatan simak selengkapnya

Morfologi 

Tanaman mengkudu merupakan tanaman asli Indonesia yang tersebar di berbagai pulau besar dan pulau kecil. Menurut sejarah, masyarakat di kepulauan Maluku yang tercatat sejak dahulu memanfaatkan tanaman mengkudu. Tanaman ini tumbuh secara liar disekitar pekarangan rumah, diladang atau dihutan.

Mengkudu termasuk tanaman yang dapat tumbuh dilingkungan manapun. Ditempat yang kering dan gersang pun tanaman ini dapat tumbuh, hanya saja hasil yang di dapat tidak seproduktif hasil yang dibudidayakan.

Masyarakat di kepulauan Maluku memanfaatkan daun dan buah mengkudu sebagai makanan, sayuran, dan obat obatan. Adapun akar dan batangnya dimanfaatkan sebagai bahan perwarna celup, karena memang jenis mengkudu inilah yang akar dan batangnya mengandung zat pewarna.

Nama mengkudu sendiri adalah nama yang dikenal secara umum di indonesia, sedangkan nama nama daerahnya berbeda.

Klasifikasi Buah Mengkudu

manfaat buah mengkudu

Klasifikasi tanaman mengkudu

Divisi: Sprematophyta (tumbuhan biji)

Sub divisi :  Angiospermae (tumbuhan biji tutup)

Kelas: Sypmpetalae

Bangsa: rubiaceae

Buah Mengkudu (Morinda citrifolia) Jenis dan manfaat Untuk Kesehatan

Marga/genus: Morinda

Jenis/spesies: Morinda citrifolia.

Berikut ini nama nama lain untuk tanaman mengkudu dan naman daerah.

Ai kumba Sumba Bakudu Batak Bing Kudu Minang kabau Bakulu Timor Cangkudu Sunda Keumudu Aceh Makudu Nias Mangkudu Kalimantan Mekudu Lampung Nateu Mentawai Pace Jawa Wungkudu Bali

Jenis jenis Mengkudu

Menurut ilmuan asal Inggris, HB, Guppy, yang meneliti mengkudu pada awal 1990. Terdapat sekitar 80 jenis mengkudu yang tersebar di seluruh dunia, tetapi hanya 20 jenis saja yang dinilai mempunyai nilai ekonomis, yaitu, Morinda, latifolia, Morinda trinctoria, Morinda bracteata, dan Morinda citrifolia.

Morinda latifolia

Morinda latifolia jarang dibudidayakan orang karena produksinya rendah. Buahnya bulat lonjong, hampir tidak tidak ada benjolan dan bobotnya hanya 150-200 gram. Daunnya agak bulat berwarna hijau cerah dan daging buahnya putih.

Morinda trinctoria

Tanaman mengkudu ini dikenal sebagai mengkudu padang karena banyak di temukan di daerah padang. Mengkudu ini juga jarang dibudidayakan orang.  Tinggi pohonnya bisa menpai 14 m. Diameter batangnya 30-35cm, kayunya yang sudah tua cukup keras. Buahnya bulat lonjong dengna bobot 100-200 gram

Morinda bracteata

Dikenal sebagai mengkudu maluku, karena kepulauan  Malukulah yang paling banyak memasok kulit akarnya ke pasaran. Ada 2 varietas mengkudu maluku, yaitu mengkudu  tanah merah dan mengkudu tanah putih. Penanaman ini berdasarkan zat warna yang dihasilkan dari kulit batang dan akar masing masing varietas.

Pohon mengkudunya bersosok sedang dan berbatang lurus dan tingginya mencapai 12 meter. Buahnya lebih kecil dibandingkan dengan Morinda litrifolia, bobotnya hanya 100-150 gram.

Morinda citrifolia

Morinda yang terakhir ini dijuluki sebagai The Quen of Morinda atau ratunya tanaman mengkudu. Tanaman mengkudu ini banyak terdapat di wiliayah Bogor, Jawa Barat. Oleh karena itu, dikenal sebagai mengkudu Bogor.

Morinda citrifolia dijuluki sang ratu mengkudu karena banyak dibudidayakan dan dipercaya paling berkhasiat, cocok untuk bahan baku jus sebab banyak mengandung air. Buahnya mempunyai bobot paling besar yaitu antara 200-250 gram, panjang buahnya 10-12cm.

Manfaat dan Khasiat buah Mengkudu

Tanaman mengkudu merupakan tanaman yang multifungsi yaitu tanaman yang banyak manfaatnya, kalaupun mempunyai buah yang baunya sangat tajam tetapi tetap dicari orang karena manfaatnya. Pemanfaatan tanaman mengkudu mulai dari akar, daun muda atau pucuk sampai buahnya. Berikut ini adalah pemanfaatan tanaman mengkudu.

  1. Akar tanaman

Akar tanaman mengkudu dapat dimanfaatkn terutama pada jenis mengkudu dengan nama ilmiah Maruda bracterata. Tanaman yang tumbuh di sekitar kepulauan maluku itu akar tanaman digunakan oleh masyarakat di sanam. Sejak zaman dahulu yaitu dengan mengambil kulit tanaman mengkudu yang memang mengandung zat pewarna zat warna, untuk menyamak sebagai bahan pewarna alami.

Buah Mengkudu (Morinda citrifolia) Jenis dan manfaat Untuk Kesehatan

Selain dikepulauan Maluku tempat asal penyebaran tanaman mengkudu jenis  Maruda Bracteata itu, pemanfaatan sebagai zat pewarna alami itu juga dimanfaat di Pulau jawa, yaitu sebagai pewarna alami untuk mencelup kain batik, sehingga kain batik itu terlihat sangat alami

  1. Daun muda atau pucuk batang

Bagian mengkudu yang ini juga dimanfaatkan orang untuk lalapan (dimakan langsung) dan digunakan seagai obat tempel

Cara menggunakan daun muda tanaman mengkudu sebagai obat sebagai berikut:

    • Panaskan daun muda di atas api sampai layu
    • Lalu tempelkan pada bagian yang sakit, setelah diolesi dengan minyak terlebih dahulu
    • Tempat penempelan daun muda tanaman mengkudu tergantung sakitnya, bila sebagai obat batuk tempelkan pada dada dan bila demam daun ditempel di dahi
  1. Buah Mengkudu terutama buah yang sudah tua dan matang

Buah mengkudu merupakan bagian dari tanaman mengkudu yang paling banyak dimanfaatkan. Buah yang mentah atau yang mengkal dimanfaatkan untuk membuat rujak (di Jawa Barat dikenal sebagai “rujak rebek” karena pembuatannya harus ditumbuk), sedangkan buah yang sudah tua dimanfaatkan untuk kesehatan. Pemanfaatan buah mengkudu yang matang untuk obat sudah banyak di uji secara klinis oleh para ahli.

Pemanfaatan buah mengkudu yang sudah matang dengan cara di jus yaitu untuk mengambil sari buahnya. Selain mudah dilakukan juga terbuktu diolah oleh tubuh.

Penelitian ilmiah terhadap tanaman mengkudu, terutama buahnya yang dipercaya berkhasiat dalam bidang pengobatan baru dilakukan pada awal 1980-an dan sampai sekarang masih diteliti. Menurut Dr. Ralp Heincke mendata tidak kurang dari 7 macam zat yang terkandung di dalam buah mengkudu yang berkhasiat untuk kesehatan.

Kandungan Buah Mengkudu

No Nama zat Manfaat yang dikandung
1 Antrakuinon Memiliki sifat anti bakteri
2 Asam askorbat Sumber vitamin C yang luar biasa, dalam konsentrasi sebagai anti oksidan
3 Skopletin Memperlebar saluran pembuluh darah yang mengalami penyempitan, memperlancar peredaran darah
4 Damnackautal Senyawa anti kanker
5 Xeronine Mampu mengaktifkan enzim enzim, mengatur fungsi protein dalam sel
6 Proxeronine Pembentuk xeronine yang dapat mengaktifkan protein protein
7 Serotonim Mampu mengatasi stres, depresi, dan memperbaiki migraine bersifat menenangkan

Berdasarkan penelitian ilmiah juga, teryata tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan saja, akan tetapi dapat juga dimanfaatkan untuk kosmetik, perawatan kulit, rambut dan lain lain:

Berikut beberapa cara penggunaan sari buah mengkudu

  1. Perawatan kulit wajah (membuat wajah menjadi mulus), cara penggunaannya sebagai berikut:
    • Bersihkan muka dengan pembersih yang biasa digunakan
    • Basahi kain kasa dengan sari buah mengkudu
    • Tutup seluruh wajah termasuk dahi dan leher dengan kain kasa tersebut, lalu diamkan beberapa saat
    • Bersihkan dengan air hangat
    • Lakukan beberapa kali, kemudian bubuhkan larutan penyegar untuk menutupi pori pori kulit.
  1. Perawatan rambut (menghilangkan ketombe)

 Cara penggunaannya sama seperti penggunaan hari tonic, yaitu dengan dioleskan pada kulit kepala lalu diddiamkan beberapa saat, kemudian dibilas dengan air. Gunakan secara teratur dalam waktu beberapa hari ketombe akan hilang.

Khasiat Buah Mengkudu

sudah dibahas sejak awal bahwa buah mengkudu sangat berkhasiat untuk mengobati berbagai macam penyakit, baik secara tradisional maupun secara modren. Berbagai penelitian dilakukan di dalam dan diluar negerei.

Untuk mengetahui khasiat dan cara mengonsumsinya dapat dilahat pada tabel dibawah ini

Khasiat Bagian Tanaman Cara mengonsumsinya
Anti bakteri Buah matang Jus dan minuman
Anti biotik Buah matang Jus dan minuman
Arterioskerosis Buah mentah Us dan minuman
Artritis Buah mentah dan daun Dioleskan/ditempel di bagian yang sakit
Sakit punggung Buah Jus dan buah
Beri beri Buah Jus dan buah
Tekanan darah tinggi Buah Jus dan minuman
Luka bakar Buah mentah Dioleskan/ditempel pada bagian yang sakit
Pencegah kanker Buah matang Jus dan minuman
Patah tulang Ekstrak akar Dioleskan
Flu Buah mentah Jus dan minuman
Batuk Daun dan buah Ditemple didada
Depresi Batang dan buah mentah Seduh dan minum
Diabetes Kulit akar Seduh dan minuman
Diare Buah matang dan biji Jus dan minuman, hancurkan dengan air dan minuam
Pencernaan Buah mentah dan bunga Jus dan minuman, makan selama 5 hari tempel dengan minyak
Demam Daun Peras, kumur kumur
Gusi Buah matang Jus dan kumur kumur
Infeksi mulut Buah Minuman seduhan
Radang tenggorokan Buah Minuman seduhan
Sakit perut Batang dan daun Jus dan minuman

Oke penjelasan tentang Buah Mengkudu (Morinda citrifolia) Jenis dan manfaat Untuk Kesehatan semoga tulisan ini menambah wawasan salam

Artikel ini diposting pada label khasiat mengkudu muda, khasiat daun mengkudu muda untuk kenari, khasiat buah mengkudu muda,

Posting Komentar untuk "Buah Mengkudu (Morinda Citrifolia) Jenis Dan Manfaat Untuk Kesehatan Khasiat Mengkudu Muda"