Ternyata Buah Mengkudu Efektif Untuk Mengusir Hama Tikus, Ini Cara Penggunaannya - Serambi Indonesia Kegunaan Buah Mengkudu

Ternyata Buah Mengkudu Efektif untuk Mengusir Hama Tikus, Ini Cara Penggunaannya - Serambi Indonesia

Hi, bertemu kembali, di kesempatan akan membawakan mengenai kegunaan buah mengkudu Ternyata Buah Mengkudu Efektif untuk Mengusir Hama Tikus, Ini Cara Penggunaannya - Serambi Indonesia simak selengkapnya

Laporan Riski Bintang | Aceh Jaya

SERAMBINEWS.COM, CALANG - Serangan hama tikus yang menyerang tanaman padi di areal persawahan Desa Lhok Geulumpang, Kecamatan Setia Bakti, Aceh Jaya mengundang rasa prihatin Babinsa Koramil 03/Lageun jajaran Kodim 0114/Aceh Jaya, Sertu Parwoto.

Tergerak hati untuk membantu petani mengusir hewan pengerat tersebut, Babinsa ini pun ‘berselancar’ di dunia maya guna mencari cara alami namun efektif dalam mengatasi persoalan tersebut.

Solusi jitu pun lahir yakni dengan memanfaatkan aroma menyengat buah mengkudu yang dibenci hama tikus sehingga ‘musuh’ bebuyutan kucing ini minggat dari areal persawahan.

Setelah mencoba sendiri dan ternyata efektif, Sertu Parwoto pun memperkenalkan kepada petani tentang buah mengkudu yang dapat dimanfaatkan untuk mengusir hama tikus itu.

"Hama tikus itu selama ini selalu menjadi tantangan bagi petani setiap musim. Saya bertekad ingin membantu membasminya. Salah satu caranya dengan memanfaatkan buah mengkudu," kata Sertu Parowoto kepada Serambinews.com, Rabu (3/6/2020).

Ia menjelaskan, cara memanfaatkan buah mengkudu sangat mudah yaitu dengan cara memotong atau mengirisnya kemudian menaburkannya di sawah.

"Sangat mudah, buah yang sudah matang dipotong atau diiris, kemudian ditaburkan ke tengah sawah," jelasnya. Menurut dia, aroma dari buah mengkudu yang menyengat membuat hama tikus tidak betah.

Sertu Parowoto mengakui, sudah beberapa kali mencoba pemanfaatan buah mengkudu dan dinilai sangat efektif mengusir hama tikus.

"Sudah kita coba dan berhasil. Ke depan, kita akan terus mensosialisasikannya kepada petani karena cara seperti ini juga ramah lingkungan tanpa bahan kimia," tutupnya.(*)

Penulis: Riski Bintang

Editor: Saifullah

Ikuti kami di

Sekian penjelasan mengenai Ternyata Buah Mengkudu Efektif untuk Mengusir Hama Tikus, Ini Cara Penggunaannya - Serambi Indonesia semoga artikel ini bermanfaat salam

Artikel ini diposting pada label kegunaan buah mengkudu, khasiat buah mengkudu untuk lelaki, khasiat buah mengkudu,

Posting Komentar untuk "Ternyata Buah Mengkudu Efektif Untuk Mengusir Hama Tikus, Ini Cara Penggunaannya - Serambi Indonesia Kegunaan Buah Mengkudu"