7 Cara Mencegah Penyakit Kolesterol Sejak Dini Mencegah Kolesterol Sejak Dini

7 Cara Mencegah Penyakit Kolesterol Sejak Dini

Halo berjumpa kembali di website Herbal Indonesia , pada sesi ini saya akan memberikan penjelasan tentang "7 Cara Mencegah Penyakit Kolesterol Sejak Dini" secara tuntas, yuk simak sedetilnya ...

Kolesterol seringkali menjadi penyebab berbagai macam gangguan di tubuh seperti penyakit jantung hingga tekanan darah tinggi. Kolesterol tinggi biasanya disebabkan dari mengonsumsi makanan dengan kandungan kolesterol tinggi dan kurang olahraga namun kondisi ini juga bisa terjadi karena keturunan. Berikut sejak dini.

  1. Menerapkan Pola Makan Sehat

Bagi Anda yang tidak menyukai sayur dan buah, sebaiknya segera ubah kebiasaan tersebut. Sayuran dan buah memiliki manfaat bagi kesehatan dan juga kandungan gizi yang bermanfaat bagi tubuh. Jika Anda ingin terhindar dari kolesterol tinggi maka makan sayuran dan buah akan sangat membantu.

Menghindari makanan yang mengandung lemak jenuh dan banyak mengonsumsi serat juga dapat membantu Anda terhindar dari risiko kolesterol tinggi. Anda juga dapat mengonsumsi susu rendah lemak atau yogurt untuk memenuhi kebutuhan nutrisi.

Makanan dengan kandungan lemak tak jenuh juga harus Anda konsumsi untuk mencegah kolesterol, makanan tersebut antara lain minyak zaitun dan canola, kacang-kacangan seperti almond, walnut dan kacang mede, Anda juga bisa mengonsumsi alpukat dan ikan kembung, salmon dan tuna.

7 Cara Mencegah Penyakit Kolesterol Sejak Dini
  1. Berolahraga Secara Teratur

Olahraga menjadi bagian penting dari gaya hidup sehat, berolahraga juga sangat membantu untuk mencegah risiko terkena kolesterol. Mulailah dengan melakukan olahraga ringan seperti jalan kaki selama 30 menit per hari. Anda juga dapat melakukan olahraga seperti berlari, berenang dan bersepeda.

  1. Melakukan Cek Kolesterol Secara Rutin

Melakukan pengecekan kolesterol juga dapat membantu untuk mencegah meningkatnya kadar kolesterol di tubuh. Jika hasil pengecekan kolesterol sudah terbaca sedikit diatas normal, maka dokter akan menyarankan Anda untuk mulai melakukan perubahan gaya hidup.

  1. Menghentikan Kebiasaan Merokok

Kebiasaan merokok dapat menyebabkan meningkatnya risiko terkena penyakit jantung koroner dan mempercepat penumpukan plak dalam arteri. Sebaiknya Anda juga membatasi konsumsi alkohol agar kadar trigliserida tidak semakin meningkat.

  1. Mengetahui Riwayat Kolesterol Keluarga

Jika ada keluarga kandung Anda yang menderita kolesterol tinggi, sebaiknya segera periksakan kadar kolesterol ke dokter. Penyakit kolesterol juga bisa terjadi karena keturunan keluarga.

  1. Menjaga Berat Badan

Orang yang memiliki berat badan berlebih umumnya juga akan memiliki kadar kolesterol yang lebih tinggi karena tubuh mengandung lemak lebih banyak dibanding dengan orang yang memiliki berat badan normal.

Maka dari itu, melakukan olahraga dan diet sangat penting dilakukan untuk menurunkan kadar lemak di dalam tubuh. Namun, orang yang memiliki berat badan normal juga memiliki risiko kolesterol tinggi. Oleh karena itu untuk mencegah kolesterol sejak dini Anda perlu menjaga berat badan normal.

  1. Mengonsumsi Suplemen Tambahan

Selain melakukan hal-hal di atas, Anda juga bisa mengonsumsi suplemen tambahan untuk mencegah kolesterol tinggi. Suplemen minyak ikan bisa Anda konsumsi karena kandungannya dapat meningkatkan kadar kolesterol baik di dalam darah dan juga berguna untuk menjaga kesehatan jantung.

7 Cara Mencegah Penyakit Kolesterol Sejak Dini

Kadar kolesterol di dalam tubuh orang dewasa yang normal adalah di bawah 200 mg/dl. Cara mencegah penyakit kolesterol bisa Anda lakukan untuk menjaga kadar kolesterol tetap normal. Namun, jika Anda memiliki kadar kolesterol tinggi Anda dapat melakukan konsultasi kepada dokter.

Begitulah pembahasan "7 Cara Mencegah Penyakit Kolesterol Sejak Dini" terima kasih atas kunjungannya

artikel ini dikelompokkan ke dalam kategori

artikel ini bersumber dari https://newreligionbookstore.info/7-cara-mencegah-penyakit-kolesterol-sejak-dini/

Posting Komentar untuk "7 Cara Mencegah Penyakit Kolesterol Sejak Dini Mencegah Kolesterol Sejak Dini"