15 Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kecantikan Dan Kesehatan Tubuh Manfaat Buah Mengkudu Untuk Wajah

15 Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kecantikan dan Kesehatan Tubuh

Hallo, berjumpa kembali, artikel ini akan dibahas mengenai manfaat buah mengkudu untuk wajah 15 Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kecantikan dan Kesehatan Tubuh simak selengkapnya



Source:

Tanaman mengkudu tumbuh subur di tanah Indonesia. Tanaman asli Asia Tenggara dan Australia ini sering kali tak dihiraukan dan hanya menjadi semak- semak di belakang rumah. Tetapi tahukah Anda? Ternyata buah mengkudu memiliki banyak manfaat bagi kecantikan maupun kesehatan tubuh Anda. Ingin tahu apa saja khasiat dari buah mengkudu? Mari simak uraian berikut ini.

1. Mengobati Jerawat



Source:

Manfaat pertama dari buah mengkudu bagi kecantikan yakni dapat digunakan untuk mengobati jerawat. Jerawat yang menjadi masalah bagi sebagian remaja ini dapat diatasi dengan jus buah mengkudu karena bersifat anti oksidan. Cara mengobati jerawat dengan mengkudu yaitu dengan menghaluskan buah mengkudu. Sebelum mengaplikasikannya menjadi masker wajah, Anda harus mencuci wajahAnda terlebih dahulu dengan air hangat. Ini bertujuan untuk membersihkan wajah  dari kotoran dan membuka pori- pori kulit wajah sehingga sari buah dapat dengan mudah menutrisi kulit. Setelah mencuci muka, oleskan buah mengkudu yang telah halus ke seluruh wajah dan diamkan selama 20 menit sebelum dibilas.

2. Menghaluskan Kulit



Source:

Selain mengobati jerawat, buah mengkudu juga dapat menghaluskan kulit. Hampir semua wanita tentu menginginkan kulit yang halus dan lembut. Untuk menghasilkan kulit yang halus, Anda dapat melakukan perawatan secara alami menggunakan buah mengkudu. Sebelum melakukan perawatan ini, Anda harus menghaluskan buah mengkudu secara manual maupun menggunakan blender. Setelah it u tambahkan beberapa tetes olive oil  dan madu  dan aduk sampai rata. Jika semua bahan sudah tercampur, gunakan bahan tersebut sebagai lulur tubuh.

3. Menghilangkan Kusam



Source:

Bagi Anda yang memiliki tipe kulit kering, pasti Anda selalu berurusan dengan masalah kulit wajah yang kusam. Anda dapat mengatasi masalah tersebut dengan menggunakan buah mengkudu. Caranya hampir sama dengan cara mengobati jerawat dengan buah mengkudu. Haluskan terlebih dahulu buah mengkudu lalu jadikan sebagai masker wajah. Diamkan masker mengkudu selama 15 menit lalu bilas dengan air bersih. Lakukan hal tersebut secara rutin untuk menjaga kelembapan kuli t sehingga kulit wajah Anda terhindar dari kusam.

4. Mengobati Radang Kulit



Source:

Sebagian orang melakukan aktivitas di luar ruangan selama seharian. Hal ini membuat kulit meradang karena terlalu banyak terkena sinar matahari. Padahal sinar UV yang terkandung dalam cahaya matahari dapat membahayakan kulit dan menyebabkan kanker. Mengobati kulit yang meradang akibat radiasi sinar matahari dapat dilakukan secara alami menggunakan buah mengkudu. Oleskan buah mengkudu yang telah dihaluskan pada kulit yang meradang atau kemerah- merahan. Diamkan selama 30 menit lalu bilas menggunakan air. Pengobatan tersebut dapat dilakukan secara teratur sampai kulit kembali normal.

5.Mengatasi Rambut Rontok



Source:

Buah mengkudu ternyata juga berkhasiat bagi kecantikan rambut. Salah satu khasiatnya yakni mengatasi rambut rontok.  Buah mengkudu mengandung beberapa vitamin dan mineral yang dapat melancarkan sirkulasi darah di kepala. Selain itu, kandungan vitaminnya juga menutrisi kulit kepala sehingga dapat memperkuat akar rambut. Perawatan rambut rontok dengan jus buah mengkudu dapat dilakukan dari luar maupun dalam. Perawatan dari dalam dilakukan dengan mengkonsumsi jus buah secara langsung. Sedangkan perawatan dari luar dapat dilakukan dengan mencampurkan buah mengkudu dengan kuning telur bebek. Setelah kedua bahan tercampur dengan rata, oleskan pada kulit kepala dan biarkan hingga 25 menit sebelum dibilas dengan air bersih.

6. Menghilangkan Ketombe



Source:

Khasiat selanjutnya dari buah mengkudu untuk kecantikan rambut yakni dapat menghilangkan ketombe. Ketombe memang masalah yang sepele, tetapi terkadang menurunkan kepercayaan diri seseorang. Ketombe ini juga bisa menjadi penyebab kerontokan rambut. Untuk membasmi ketombe, Anda dapat mengaplikasikan jus buah mengkudu di kulit kepala. Jangan lupa untuk membersihkan rambut sampai bersih setelah menggunakan masker buah mengkudu.

7. Menurunkan Berat Badan



Source:

Salah satu manfaat lain dari mengkudu adalah menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan mengkudu menghasilkan oksida nitrat dalam tubuh. Oksida nitrat ini menarik sel- sel lemak dalam tubuh dan mengolahnya menjadi energi. Semakin banyak oksida nitrat yang dihasilkan maka semakin banyak pula lemak yang berubah menjadi energi, sehingga lemak di tubuh menjadi berkurang dan pada akhirnya berat badan pun akan turun.

8. Menurunkan Kolesterol



Source:

Manfaat berikutnya dari buah mengkudu adalah dapat menurunkan kolesterol. Terjadinya dislipidemia ditandai dengan meningkatnya kadar kolesterol dalam darah sehingga terjadi peningkatan penyakit kardiovaskular. Penyakit tersebut dapat dihindari dengan mengkonsumsi buah mengkudu. Sebuah penelitian membuktikan bahwa air dan ekstrak buah mengkudu dapat mengurangi kadar kolesterol dan trigliserida.

9. Mengurangi Resiko Diabetes



Source:

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh “Nigeria Quarterly Journal of Medicine Hospital” telah membuktikan bahwa jus buah mengkudu lebih efektif digunakan untuk mengontrol kadar gula dalam darah. Hal ini dikarenakan jus mengkudu mengandung senyawa bermanfaat seperti saponin dan triterpen. Senyawa- senyawa tersebut sangat bermanfaat bagi pasien yang menderita diabetes maupun mereka yang sedang menghindari diabetes.

10. Mencegah Stroke



Source:

Mengkonsumsi jus mengkudu ternyata juga dapat melindungi Anda dari serangan stroke. Ini disebabkan jus mengkudu bersifat anti oksidan dan anti inflamasi. Jus mengkudu mengandung senyawa yang disebut asam nitrat yang bermanfaat dalam membantu pembuluh darah menjadi lebih elastis. Jika pembuluh darah elastis maka peredaran darah menjadi lebih lancar. Sedangkan sirkulasi atau peredaran darah yang lancar dapat mencegah terjadinya stroke.

11. Anti Kanker



Source:

Salah satu manfaat dari buah mengkudu yang paling penting adalah sebagai anti kanker. Faktanya, buah mengkudu kaya akan senyawa polisakarida yang dapat menekan pertumbuhan sel kanker baru. Selain itu, buah mengkudu juga mengandung komponen anti oksidan yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Jika pun ada seseoran yang sudah terkena kanker, sifat anti kanker dari buah mengkudu ini juga bisa untuk mengobati kanker.

12. Mencegah Katarak



Source:

Katarak merupakan masalah penglihatan yang ditandai dengan mengaburnya pandangan Anda terhadap suatu benda. Penyebab dari penyakit katarak yakni tingginya kadar gula. Dalam beberapa kasus, penderita diabetes memiliki lensa mata yang membengkak dan menyebabkan katarak. Sesuai dengan penelitian yang telah dilakukan, ekstrak buah mengkudu membantu menjaga kejernihan mata sehingga dapat mencegah terjadinya katarak.

13. Menjaga Kesehatan Hati



Source:

Penyakit diabetes memiliki efek yang buruk terhadap hati atau hepar.  Resiko terjadinya penyakit hati berlemak yang menyebabkan jaringan parut  pun lebih tinggi. Padahal hati termasuk  salah satu organ penting dalam tubuh yang berfungsi untuk menetralisir racun. Resiko kerusakan hati dapat diatasi dengan mengkonsumsi buah mengkudu. Jus buah mengkudu dapat mendegenerasi lemak di hati sehingga kesehatan hati tetap terjaga.

14. Memperlancar Menstruasi



Source:

Khusus untuk perempuan, buah mengkudu dapat dikonsumsi secara teratur untuk memperlancar siklus menstruasi. Buah mengkudu juga bersifat analgesik sehingga dapat mengurangi rasa sakit yang biasanya dialami perempuan yang sedang menstruasi. Sifat penenang alami dari buah mengkudu dapat membuat Anda tetap tenang dalam menghadapi hormon tubuh yang sedang fluktuatif. Dokter kandungan juga menyarankan ibu hamil untuk mengkonsumsi buah mengkudu karena dapat melindungi rahim dari resiko keguguran.

15. Mengatasi Stress



Source:

Rendahnya tingkat serotin dalam tubuh dapat menyebabkan terjadinya perubahan suasana hati, gangguan kecemasan dan stress. Melantonin yang terkandung dalam buah mengkudu dapat menjaga keseimbangan ritme tubuh sehingga tubuh terhindar dari stress dan depresi. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa mengkonsumsi jus mengkudu dapat mengatasi stress, mengurangi kecemasan, dan mengatasi gangguan tidur.

Itu tadi uraian tentang 15 manfaat buah mengkudu untuk kecantikan dan kesehatan tubuh. Buah ini memang memiliki rasa yan tidak enak dan tak disukai banyak orang. Tetapi jika Anda ingin merasakan langsung manfaat dari buah mengkudu, Anda dapat mengkonsumsinya bersama madu atau makanan lain yang dapat menutupi rasa asli dari buah mengkudu. Selamat mencoba!

Sekian penjelasan perihal 15 Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kecantikan dan Kesehatan Tubuh semoga artikel ini bermanfaat terima kasih

Artikel ini diposting pada label manfaat buah mengkudu untuk wajah, manfaat buah mengkudu untuk masker wajah, apa manfaat buah mengkudu untuk wajah,

Posting Komentar untuk "15 Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kecantikan Dan Kesehatan Tubuh Manfaat Buah Mengkudu Untuk Wajah"